PROSEDUR KARAKTER SISWA KELAS 4B
SD BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN
No | Karakter | Prosedur | Langkah-langkah | Konsekwensi logis |
1 | Menjaga ketertiban kelas saat KBM | Menghentikan aktivitas sejenak | 1. Ustadz/zah menunjukan jempol tangan keatas. 2. Ustadz/zah tidak mengeluarkan sepatah kata pun. 3. Siswa yang melihat menunjukan jari jempol tangan ke arah Ustadz/zah. 4. Siswa yang melihat gerakan siswa lainya ikut melakukan seperti siswa yang dilihatnya. 5. Ustadz/zah menurunkan tangan sambil mengucapkan terima kasih. | Siswa beristigfar sebanyak 5 kali. |
Memperhatikan saat pelajaran | 1. Ustadz/zah menerangkan materi pelajaran 2. Siswa melihat kearah Ustadz/zah dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh Ustadz/zah. 3. Siswa berkonsentrasi tanpa bermain dengan mainan apapun 4. Siswa meninggalkan aktivitas berbicara/gojek dengan teman yang lain. 5. Jika siswa bermain/gojek dengan temannya Ustadz/zah mengingatkan maksimal 2 kali 6. Apabila siswa masih ramai atau bermain maka siswa akan terkena konsekwensi logis. | - Meminta maaf terhadap Ustadz/zah dan istigfar sebanyak 5 kali - Merangkum materi yang diajarkan oleh Ustadz/zah. | ||
Berbicara dan menyampaikan pendapat | 1. Siswa mengangkat tangan memberitahu Ustadz/zah tentang kebutuhannya 2. Siswa tetap mengangkat tangannya dengan mulut tetap tertutup sampai Ustadz/zah memberikan respon untuk memberikan izin berbicara. 3. Ustadz/zah mempersilahkan siswa untuk menyampaikan pendapat atau pertanyaan. 4. Ustadz/zah menjawab/menanggapi apa yang disampaikan siswa. | Menyampaikan pendapatnya/pertanyaanya di depan kelas. | ||
2. | Sopan terhadap Ustadz/zah | Menggunakan bahasa yang baik dan sopan | 1. Siswa berbicara dengan suara yang rendah terhadap ustadz/zah 2. Saat berbicara siswa menggunakan bahasa jawa halus, jika kurang mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 3. Setelah selesai berbicara, memberi ucapan terima kasih atau dengan minta ijin untuk meninggalkan ustad/zah 4. Ustadz/zah membalas perbuatan anak dengan ucapan terima kasih kembali. | Siswa meminta maaf terhadap Ustadz/zah yang bersangkutan dan mengucapkan Istigfar sebanyak 5 kali. |
Mematuhi nasehat ustadz/zah | 1. Siswa melanggar sesuatu aturan, prosedur atau ada masukan dari orang tua. 2. Siswa diajak sharing untuk mencari solusi bersama tentang masalahnya 3. Ustadz/zah menyampaikan nasehat kepada siswa 4. Siswa melakukan apa yang dinasehatkan oleh Ustadz/zah 5. Dalam kesempatan tertentu ustadz/zah mengecek siswa yang bersangkutan. 6. Siswa yang belum melakukan nasehat akan terkena konsekwensi logis dan akan mendapatkan nasehat dari ustadz/zah. | - Siswa mengucapkan istigfar sebanyak 10X. - Siswa membuat cerita kenapa belum melakukan nasehat dari ustadz/zah dan membacanya di depan kelas. | ||
Berjalan di depan Ustadz/zah | 1. Siswa hendak berjalan di depan Ustadz/zah 2. Siswa mengucapkan permisi kepada Ustadz/zah 3. Siswa berjalan dengan membungkukkan badan. | Siswa meminta maaf terhadap Ustadz/zah yang bersangkutan dan mengucapkan Istigfar sebanyak 5 kali. | ||
3. | Masuk ke dalam kelas | Mengucapkan salam saat masuk kelas | 1. Ustadz/zah dan siswa masuk kelas dengan mengucapkan salam (Assalamualaikum wr wb) 2. Ustadz/zah atau siswa yang mendengarnya membalas ucapan salam (Waalaikumsalam wr wb) 3. Ustadz/zah atau siswa mengingatkan jika ada ustadz/zah atau siswa yang masuk kelas tanpa mengucapkan salam. 4. Jika ada ustadz/zah atau siswa yang masuk tanpa menucapkan salam maka akan terkena konsekwensi logis. | Mengulang masuk kelas dengan mengucapkan salam. Istigfar sebanyak 5 kali. |
No comments:
Post a Comment